BISNIS

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, penggunaan sosial media tentunya sudah bukan menjadi hal yang asing lagi bagi Anda. Bahkan, sosial media sudah bukan sekedar menjadi ajang pamer foto ataupun kegiatan lainnya, tetapi juga sebagai salah satu sarana dalam menjalankan bisnis online.

Namun, masih ada sebagian besar pebisnis online yang belum bisa memilih target pembeli menggunakan sosial media, seperti Facebook, misalnya. Nah, untuk itu silakan Anda simak beberapa tips memilih pasar bisnis di Facebook berikut ini sebagai panduan Anda untuk mengembangkan sayap bisnis yang tengah Anda geluti.

  • Perhatikan Faktor Geografis

Tahukah Anda bahwa pengguna Facebook di Indonesia saat ini telah mencapai angkat 79 juta? Dari besarnya angka tersebut, berapa jumlah potensial yang dapat Anda jadikan target pembeli produk bisnis yang Anda tawarkan? Perlu Anda ketahui, bahwa tak selamanya produk bisnis Anda dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan wilayah pasar mana yang aman menjadi fokus utama produk bisnis Anda. Semakin kecil sebuah segmen target pasar bisnis Anda, maka akan semakin efektif dan efisien pula semua kegiatan Facebook marketing yang Anda lakukan. Mengapa? Karena Anda telah menyasar target pasar bisnis yang potensial dan sesuai dengan kebutuhan akan produk Anda.

  • Perhatikan Faktor Demografis

Anda tentu paham, bahwa setiap produk memiliki karakter pengguna yang berbeda. Untuk memilih pasar bisnis di Facebook, Anda juga dapat memilih berdasarkan tingkat pendidikan, status pernikahan, pekerjaan, hingga jenis pekerjaannya selain usia dan jenis kelamin tentunya. Dengan adanya pemilihan faktor demografi yang tepat, tentunya dapat memudahkan Anda untuk melakukan penetrasi pada target pembeli produk Anda nantinya.

  • Perhatikan Faktor Psikografis

Salah satu kelebihan Facebook dibandingkan sosial media lainnya adalah memungkinkan Anda untuk memilah target berdasarkan faktor psikografisnya, seperti memilah minat dan kebiasaan para calon pembeli Anda. Pelajari apa saja minat dan kebiasaan target pembeli Anda itu. Misalkan saja, Anda menjual suatu produk olahraga, maka sudah pasti minat target pembeli Anda adalah sport atau olahraga. Perlu Anda ketahui, bahwa ada sembilan kategori utama dalam hal minat, seperti misalny hiburan, bisnis, olahraga, makanan dan minuman, keluarga, hobi, dan lainnya. Sedangkan untuk kebiasaan, ada lima kategori utamanya, yakni gadget, event, travel, hingga digital activities.

  • Gunakan Graph untuk Memilih Target Pasar

Facebook memiliki fasilitas graph yang dapat Anda gunakan untuk mencari orang yang Anda kehendaki. Dengan cara ini, tentu saja dapat membantu Anda dalam memilih pasar bisnis yang tepat.

Demikian beberapa tips memilih pasar bisnis di Facebook untuk memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis. Semoga bermanfaat.