Tips Terhindar Dari Penyakit Diabetes

Terhindar Dari Penyakit Diabetes

Penyakit kencing manis atau biasa disebut dengan penyakit diabetes adalah suatu penyakit yang disebabkan karena adanya masalah metabolisme dalam tubuh, yaitu pada organ pankreas yang tidak bisa memproduksi hormon insulin yang cukup bagi tubuh. Gejala yang biasanya muncul pada penderita diabetes atau kencing manis adalah sering mengalami dehidrasi yang akibatnya si penderita akan mudah haus.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami penyakit diabetes. Para ahli mengungkapkan beberapa faktor tersebut diantaranya adalah kegemukan, merokok, faktor keturunan dan sering mengalami tegang dan juga stress. Maka dari itu kita wajib mengetahui faktor-faktor yang bisa menyebabkan kita terkena diabetes agar bisa terhindar dari penyakit tersebut.

Adapun tips agar terhindar dari penyakit diabetes diantaranya sebagai berikut :

  1. Hindari merokok

Sebenarnya kebiasaan buruk merokok bukan hanya berbahaya pada penyakit diabetes, tetapi juga bisa menyebabkan penyakit lainnya seperti jantung dan juga kanker paru-paru. Khusus pada penyakit kencing manis atau yang lebih dikenal dengan sebutan diabetes, akibat dari rokok adalah bisa menyebabkan kemampuan hormone yang mengatur kestabilan kadar gula darah dalam tubuh menurun. Menurut para ahli perokok mempunyai resiko lebih tinggi 50% mengalami penyakit diabetes jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Bahkan perokok berat  mempunyai resiko yang lebih tinggi lagi. Oleh sebab itu, penting untuk menghentikan kebiasaan merokok apabila ingin terhindar dari yang namanya penyakit diabetes.

2. Hindari kegemukan

Menurut penelitian sekitar 80% orang yang terkena penyakit diabetes adalah mereka yang mengalami kegemukan. Hal ini menyebabkan kegemukan menjadi faktor terbesar seseorang tekanan penyakit diabetes.  Apabila ingin terhindar dari penyakit diabetes usahakan untuk bisa mengontrol berat badan agar tidak mengalami kegemukan yang bisa menyebabkan penyakit diabetes.

3. Makan makanan yang baik dan sehat

Jika tidak ingin terkena penyakit diabetes salah satu caranya adalah dengan mengatur pola makan. Usahakan untuk memilih menu makanan yang sehat dan juga bervariatif untuk dikonsumsi. Makanan cepat saji dan juga junkfood sangat berbahaya bagi tubuh dan bisa menyebabkan diabetes. Selain itu makanan manis dan juga minuman manis jangan dikonsumsi terlalu berlebihan karena akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh kita sehingga rentang tekenan penyakit diabetes.