bisnis waralaba

bisnis waralabaMenukuni sebuah usaha sendiri atau yang lebih populer dengan istilah wirausaha adalah sumber pendapatan yang menggiurkan untuk saat ini. Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan memiliki bisnis sendiri tersebut. Walalupun tantangan dan daya saingnya jauh lebih sulit dari sekedar menjadi seorang pekerja atau karyawan.

Modal materi, relasi bisnis, dan mental bisnis adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Jika tiga hal tersebut belum ada atau belum teruji ketanggunhannya, maka bisnis yang akan dijalankan sangat kecil kemungkinan untuk bisa bertahan. Oleh karenanya, banyak pebisnis pemula yang memilih untuk menghentikan kegiatan bisnisnya. Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda yang baru saja memulai bisnis, awalilah usaha bisnis Anda dengan cara bisnis waralaba. 

Karena dengan bisnis waralaba ini, Anda tinggal melanjutkan bisnis yang sudah berjalan. Bisnis waralaba ini biasanya dikembangkan oleh perusahaan bisnis yang sudah memiliki kepercayaan dari para pelanggannya. Dengan demikian, Anda tidk perlu lagi merintisnya dari awal. Tinggal ikuti saja sistem kerja dan sisitem bagi hasil yang telah disepakati. Dengan sistem ini, tentu saja bisnis yang Anda jalankan akan lebih mudah “eksis”.

Pilihlah bidang usaha yang sesuai dengan tempat usaha yang Anda miliki. Misalnya saja jika tempat usaha Anda berada di pusat kota, pilihlah bidang kuliner. Karena bidang kuliner ini memiliki perputaran uang yang lebih cepat bila dibandingkan dengan bidang usaha lainnya. Namun di samping kelebihan dari bisnis waralaba seperti yang dijelaskan di atas, ada juga kekurangannya. Misalnya saja perolehan laba yang tidak bisa dimiliki seluruhnya dan tingkat kepuasannyav tentu saja berbeda dengan tingkat kepuasan dari bisnis sendiri. Untuk Anda yang siap untuk bersabar untuk menjalani bisnis dari nol.

Pilihlah bisnis mandiri tetapi dengan modal materi yang sedikit saja dulu. Karena salah satu kunci sukses bisnis adalah mengalami kerugian terlebih dahulu. Dari pengalaman rugi tersebutlah, biasanya para pebisnis pemula menjadi seorang pebisnis yang tangguh dengan mental bisnis yang kuat. Jika dua modal ini sudah Anda miliki, perkembangan bisnis Anda pun akan bertumbuh dan berkembang.