Jurus Komunikasi Public Relation

Strategi komunikasi pr  yang efektif dan berkesan serta difahami. Ada lima cara komunikasi yang sangat efektif. Ingat, pada dasarnya komunikasi itu upaya bagaimana kita meraih perhatian, cinta kasih, minat, kepedulian, simpati, tanggapan, maupun respon dari orang lain.

  • Respect. Hormat dan saling menghargai dari setiap individu merupakan cara pertama yang menjadi sasaran pesan yang akan kita sampaikan. Perlu diingat lagi pada dasarnya manusia suka dan ingin dihargai oleh orang lain dan dianggap penting. Nah, jika ita membangun komunikasi dengan rasa saling menghargai dan menghormati kita akan dapat membangun kerjasama untuk berkomunikasi yang efektif yang tanpa kita sadari.

saya akan memberikan contoh simulasi bahawa manusia ingin dihargai dan dianggap penting. Anda coba ambil salah satu photo angkatan atau photo bareng dengan teman-teman kelas. Sudah? Baik, sekarang lihat. Siapa orang yang pertama kali anda lihat? Jawabannya dan pastinya orang yang pertama dilihat adalah diri anda sendiri.

  • Empathy. Salah satu yang utama ini adalah dalam memiliki rasa empati yaitu kemampuan untuk mendengarkan atau mengerti terlebih dahulu sebelum didengar dan dimengerti oleh orang lain. Nah, empati ini juga sebagai kemampuan untuk mendengarkan atau siap menerima masukan atau umpan balik apapun dengan sikap yang positif. Komunikasi satu arah tidak akan efektif bila tidak ada umpan balik yang merupakan arus balik dari penerima pesan.

  • Audible. Kalau tadi empati itu berartikan kita harus mendengar terlebih dahulu atau mampu menerima umpan balik dengan baik, maka audible berarti pesan yang kita sampaikan dapat diterima oleh penerima pesan. Dalam komunikasi personal hal ini berarti bahwa pesan disampaikan dengan cara atau sikap yang dapat diterima oleh penerima pesan.

  • Celarity. dapat pula kita artikan keterbukaan dan transfaransi. Ini sangat di utamakan juga. Dalam komunikasi ini perlu dikembangkan sifat terbuka. So, dapat menimbulkan sifat percaya dari penerima pesan atau lawan bicara kita. jika tidak ada keterbukaan antara lawan bicara maka akan timbul sikap saling curiga dan pada fikirannya akan menurunkan antusiasme dalam komunikasi.

  • Humble. Sikap ini merupakan unsur  yang terkait dengan point pertama tadi. Dengan rasa menghargai orang lain, biasanya didasari oleh sikap rendah hati (humble) yang kita miliki.

Jurus Komunikasi Public Relation

Kelima Strategi komunikasi pr  ini bisa sangat efektif jika anda memahaminya.