Cara Mengatasi Sariawan

afhyn – Sariawan merupakan kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Tergolong penyakit ringan tetapi sangat menganggu aktivitas, misalnya dalam berbicara atau mengunyah makanan.

Sariawan dapat terjadi, karena beberapa faktor. Dan dengan mengetahui beberapa faktor penyebab sariawan tersebut, membantu kita untuk mengatasi masalah sariawan. Sariawan bisa terjadi karena kekurangan nutrisi seperti Vitamin B 12, Vitamin C, atau karena pola makanan yang tidak sehat, bisa juga karena kurang dalam menjaga kebersihan mulut. Untuk mengatasi masalah sariawan tersebut, berikut di bawah ini cara untuk mengatasinya adalah :

1. Pola Makan yang Sehat

Karena sariawan bisa terjadi karena Pola makan yang tidak sehat, selain untuk mengatasi masalah sariawan, makanan sering menjadi faktor utama munculnya sebuah penyakit. Maka sebaiknya Anda mulai membiasakan mengkonsumsi makanan yang sehat. Terutama makanan yang kaya akan nutrisi, juga vitamin C seperti tomat, jeruk dan buah-buahan lainnya. Serta hindarilah makanan junk food yang mengandung minyak lebih dan perbanyaklah dalam mengkonsumsi air mineral.

2. Air Kelapa

Air kelapa dikenal dengan pendinginannya dan dapat membantu sistem pencernaan. Selain baik untuk mengatasi dehidrasi, air kelapa juga baik untuk mengobati sariawan. Dengan konsumsi Air kelapa secara rutin dapat membantu mengatasi sariawan anda.

3. Yogurt

Sudah banyak diketahui bahwa yogurt adalah minuman sehat yang memiliki banyak khasiat. Termasuk untuk mengatasi sariawan. Mengkonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dimulut dan tubuh. Sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu, yogurt  juga dapat digunakan untuk  melakukan langkah pencegahan sariawan.

4. Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut dengan senantiasa berkumur- kumur atau menggosok gigi. Siwak sebagai alat tradisonal juga dipercaya sangat efektif untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.

5. Belimbing Wuluh

Cara Mengatasi Sariawan
Cara Mengatasi Sariawan

Belimbing Wuluh mengandung senyawa zat asam yang tinggi akan vitamin C. Rasanya yang  masam tersebut terbukti cukup efektif membunuh bakteri. Cara menggunakan belimbing wuluh dalam menyembuhkan sariawan pun mudah, cukup dengan menempelkan  selama lima  menitan. Kemudian bilas dengan berkumur air hangat sampai bersih.