Menjaga Kesehatan Mulut

afhyn – Tidak banyak orang mengetahui bahwa mulut sering sekali menjadi penyebab berbagai penyakit, salah satunya bau mulut, bau mulut disebabkan karena kurang menjaga kebersihan dan kesehatan pada mulut setelah makan, selain itu juga pola hidup kita yang tidak teratur mengabaikan kebersihan mulut, memakan berbagai jenis makanan yang masuk ke mulit tanpa memikirkan kebersihannya. Mungkin kamu pernah mengalami pada saat ngobrol sama orang lain dalam jarak yang dekat, tercium aroma tidak sedap akibat bau mulut, berbagai faktor dapat mempengaruhinya, namun yang jadi faktor utama adalah kurang menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.

Menjaga Kesehatan Mulut
Menjaga Kesehatan Mulut

Agar mulut tetap segar meskipun makanan yang masuk kedalam mulut tidak terkontrol, setidaknya setelah makan-makanan yang menyebabkan bau mulut segera menetralisirnya dengan permen atau berkumur, jangan langsung menyikat gigi setelah makan, akan berpengaruh pada kesehatan mulut, sebaiknya menyikat gigi satu jam setelah makan agar enzim baik dalam tubuh bekerja dengan baik.

Ada berbagai macam obat kumur untuk penetralisir bau pada mulut kamu, cairan antiseptik yang dapat membunuh kuman penyebab bau mulut akan dibersihkan dengan cairan antiseptik khusus untuk bau mulut. Selain itu juga, menggosok gigi sehari dua kali, setelah bangun tidur dan sebelum tidur akan menjaga kebersihan mulut dan gigi kamu.

Selain itu, jika mulut kamu ingin tetap segar dan terhindar dari bau mulut, harus sering minum air putih, agar mulut dan tenggorokan tidak kering dan ternetralisir oleh air, juga konsumsi buah dan sayuran untuk membersihkan gigi dan mulut kamu secara alami.

Bau mulut juga bisa disebabkan karena terdapat lubang pada gigi dan terjadi infeksi, sehingga mengakibatkan bau pada mulut, sering-seringlah menjaga asupan makanan yang masuk kedalam mulut agar tidak menyebabkan bau yang tidak sedap. Berbagai penyakit dan sarang kuman berasal dari mulut, oleh karena itu kesehatan pada mulut harus selalu dijaga.

Mulut yang sehat dan bersih itu tidak menimbulkan aroma yang tidak sedap, yaitu bau mulut. Untuk menetralisirnya gunakan obat kumur khusus untuk mulut agar kesehatan mulut tetap terjaga dengan bak.