Cara Menjaga Kesehatan dengan Makanan

afhyn – Makanan adalah sumber energi yang diperlukan oleh manusia untuk melakukan aktivitas baik yang sifatnya rutin maupun waktu tertentu saja. Tanpa makanan, manusia tidak akan memiliki sumber tenaga, atau dengan kata lain tidak akan mampu untuk beraktivitas. Pada prinsipnya, makanan yang dikonsumsi tersebut mengandung beberapa sumber tenaga yang dibutuhkan untuk regenerasi tenaga semua organ-organ baik yang ada dalam tubuh atau pada otak. Semua organ dan otak tersebut bisa melaksanakan tugasnya masing-masing jika ada supply energi berupa protein, karbohidrat, kalori, lemak, dan vitamin yang berada di balik makanan yang dikonsumsi. Oleh sebab itu, makan adalah aktivitas yang sangat penting untuk kehidupan manusia dalam menjalankan rutinitas kesehariannya. Dengan aktivitas makan, berarti manusia itu sudah menunaikan hak jasmaninya agar semua kebutuhan nutrisi teruntuk badan dan otaknya bisa terjamin.

Cara Menjaga Kesehatan dengan Makanan
Cara Menjaga Kesehatan dengan Makanan

Ada catatan lainnya yang tingkat urgensinya cukup tinggi, yaitu pola makan itu sendiri. Pemahaman sebagian orang mengenai hakikat makan atau mengkonsumsi makanan itu ternyata masih awam, banyak sekali orang yang hanya berpandangan bahwa makan itu harus dilaksanakan sampai kenyang atau hanya sebuah rutinitas semata tanpa mengetahui apa sebenarnya yang berada di balik aktivitas makan tersebut. Perlu diketahui bahwa hakikat makan adalah regenerasi energi, dengan makan tenaga yang telah habis terpakai untuk beraktivitas akan segera terisi. Dengan kata lain, respons jasmani berupa rasa capek dan lelah adalah signal bahwa energi harus segera dikirim kembali melalui makanan.

Prinsip makan sebagai regenerasi energi merupakan prinsip yang harus diketahui oleh banyak orang, karena jika prinsip ini sudah dipegang, maka berbagai penyakit yang akan menyerang kesehatan, terutama yang bersumber dari pola makanan yang salah bisa dengan mudah dicegah. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh adanya pola makan yang salah dan tidak teratur diantaranya: diabetes atau lebih populer dengan nama penyakit gula, kolesterol, maag atau gangguan lambung, bahkan serangan otak atau stroke. Jadi bisa disimpulkan bahwa, beberapa penyakit tersebut adalah excess atau sesuatu yang timbul karena pola makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh atas nutrisi.