Tidak Harus Mahal, Loh! Berikut Tips Membeli Cincin Lamaran

Apabila Anda memiliki rencana untuk membeli cincin lamaran untuk melamar kekasih, tentu saja Anda harus menyiapkannya dengan begitu matang. Sepasang calon pengantin tentunya harus menyiapkan semua prosesi menuju jenjang pernikahan dengan matang. Hal ini tentunya harus dilakukan karena prosesi pernikahan dilakukan sekali seumur hidup. Termasuk membeli cincin lamaran. 

Jika Anda kesulitan, berikut merupakan tips untuk memilih cincin prosesi lamaran yang dapat membantu Anda. 

Tips membeli cincin tunangan dengan harga lebih murah

cincin lamaran

Pilihlah Material yang Tepat

Untuk meminimalkan biaya, Anda dapat memilih material cincin tunangan yang lebih terjangkau daripada emas putih. Material yang dimaksud yaitu misalnya Palladium dan juga emas kuning. Meskipun demikian, calon pengantin biasanya memilih material cincin yang tipis. Pilihan ini akan beresiko patah apabila material yang digunakan sembarangan. 

Cincin untuk lamaran ini tentunya akan dipakai dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, sangat disarankan calon mempelai memilih cincin dengan material yang baik. Karena pastinya material yang baik itu akan lebih awet dan tahan lama. 

Manfaatkan promo dan diskon yang ada

Tidak ada salahnya apabila Anda membeli cincin dengan potongan harga atau promo yang telah disediakan. Seringkali toko perhiasan itu akan memberikan banyak promo atau potongan harga agar menarik minat pembeli. Hal ini banyak terjadi saat ada perayaan hari besar dan hari spesial, misalnya saat Valentine, Hari Raya Idul Fitri, atau Natal dan Tahun Baru. Biasanya selain potongan harga, ada juga hadiah kecil yang bisa diberikan pada pelanggan setia toko mereka. 

Tidak harus cincin berlian

Sebenarnya tidak ada aturan mewajibkan cincin lamaran itu berbahan dasar emas yang bertahtakan berlian. jika Anda ingin meminimalisirkan pengeluaran Anda, ada banyak jenis batu permata indah selain berlian. Anda bisa memilih cincin dengan liontin batu permata lain selain batu berlian. Hal ini tentu saja dapat menghemat pengeluaran Anda dengan tidak memilih cincin yang bertahtakan berlian. 

Jika memilih cincin emas, pertimbangkan fluktuasi harganya

Ketika akan memutuskan membeli cincin emas, ketahuilah bahwasannya harga emas cenderung mengalami fluktuasi seiring dengan inflasi dan perubahan nilai mata uang. Jika ingin mendapatkan harga yang murah, carilah waktu yang tepat ketika harga emas sedang turun. 

Pertimbangkan desain cincin

Jika ingin memilih desain cincin yang berbeda daripada yang lain, maka pesanlah jauh hari sebelum hari H. desain yang unik pada cincin, misalnya cincin emas yang menggunakan nama pasangan di masing-masing cincin atau sidik jari pasangan belakangan ini popular. Nah, hal tersebut juga dapat mempengaruhi harga cincin tersebut. 

Semakin rumit desain yang Anda inginkan, maka semakin mahal pula harganya. Desain yang rumit atau unik memang membutuhkan harga ekstra. Hal ini berpengaruh pada tingkat kesulitan mendesainnya.  Namun, tak perlu risau memilih cincin lamaran terbaik untuk kekasih. Koleksi Moela dari The Palace Jeweler terdiri dari perhiasan berlian terbaru dari harga Rp 900 ribu-an saja. Cincin indah ini memiliki harga yang terjangkau. 

Walaupun begitu, semua perhiasan dari koleksi Moela terjamin kualitasnya dengan memiliki lapisan emas 18 karat dan batu berlian berkualitas F-VS. Cincin Trimoelja ini dihiasi 3 batu berlian di bagian sentralnya. Uniknya lagi, bagian lingkaran cincin dibuat dengan tekstur yang berbeda. Cincin berlian wanita ini memiliki berat mencapai 1,373 gram dan 0,12 carat serta dijual dengan harga Rp 2.470.000 saja.