Tips Hemat Listrik Agar Tagihan PLN Tidak Membengkak

Listrik merupakan kebutuhan pokok yang digunakan untuk berbagai aktivitas mulai dari memasak, belajar, hingga bekerja dari rumah. Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa bebas menggunakan listrik sesukanya. Agar tagihan PLN tidak membengkak, Anda harus menghemat penggunaan listrik setiap harinya. Bukan hanya itu saja, menghemat listrik juga membantu menghemat energi di Bumi. Berikut ini adalah beberapa tips hemat listrik yang perlu Anda terapkan:

Cabut Kabel dari Stop Kontak Ketika Tidak Digunakan

Salah satu kebiasaan buruk banyak orang yang cukup merugikan adalah tidak mencabut kabel dari stop kontak ketika tidak digunakan. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa hal tersebut tidak membuat banyak penambahan tagihan listrik.

tagihan PLN

Jika dilakukan satu atau dua kali memang tidak terlalu merugikan, namun jika terlalu sering akan merugikan juga. Apalagi jika banyak orang yang melakukan hal tersebut. Jadi sebaiknya langsung cabut kabel apapun dari stop kontak saat tidak digunakan.

Gunakan AC Saat Dibutuhkan

AC atau Air Conditioner ternyata menjadi salah satu alat elektronik yang memakan banyak daya. Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila Anda mengetahui kapan membutuhkan AC dan kapan harus mematikannya. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan kipas angin di waktu tertentu. Kipas angin jauh lebih hemat daya dibandingkan AC.

Pilih AC yang Tepat 

Selain menggunakan AC secara efisien, Anda juga bisa menghemat listrik dengan memilih AC yang tepat. Cukup banyak AC yang mengedepankan sisi hemat daya. Contohnya yaitu AC dengan teknologi inverter. Pastikan luas ruangan sesuai dengan AC yang dipilih sehingga tidak menghabis-habiskan daya padahal ruangannya kecil.

Ganti Lampu dengan Lampu LED

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah mengganti bohlam dengan lampu LED. Tips ini cukup berhasil untuk membantu menghemat listrik dalam jangka waktu panjang. Lampu LED biasanya memiliki teknologi hemat daya, sementara bohlam tidak. Cara ini dipercaya mampu menghemat pemakaian hingga 50%, terutama untuk Anda yang sering menyalakan lampu.

Gunakan Penerangan Alami di Siang Hari

Pastikan menggunakan lampu hanya ketika hari sangat gelap saja. Di siang hari sebaiknya Anda menggunakan sinar matahari sebagai penerangan alami. Sinar matahari alami juga membuat ruangan rumah terasa lebih nyaman. Mulailah menyalakan lampu sekitar jam 17.00 dan matikan saat akan tidur yaitu sekitar 21.00.

Cairkan Es Membeku di Freezer

Tips hemat listrik yang terakhir yaitu mencairkan es membeku yang ada di freezer. Belum banyak yang tahu bahwa es membeku di freezer bisa membuat pengeluaran listrik lebih banyak. Hal tersebut lantaran es yang menumpuk membuat mesin bekerja lebih keras. Jadi listrik yang dibutuhkan lebih banyak.

Bayar Tagihan Listrik PLN di Bank Sinarmas

Anda yang menjadi nasabah Bank Sinarmas tidak perlu bingung lagi membayar tagihan listrik PLN. Pasalnya Anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah menggunakan layanan mobile banking SimobiPlus. Berikut ini adalah cara bayar tagihan menggunakan SimobiPlus:

  • Unduh dan pasang aplikasi SimobiPlus di smartphone melalui Play Store.
  • Daftarkan diri Anda sebagai nasabah Bank Sinarmas.
  • Masuk ke aplikasi lalu cari menu “Bayar Tagihan Listrik”.
  • Pilih jenis tagihan (PLN Prepaid, Postpaid, atau Non Taglis).
  • Masukkan ID pelanggan atau nomor meter.
  • Pilih rekening sumber dana.
  • Masukkan nominal pembayaran.
  • Cek konfirmasi pembayaran.
  • Masukkan EasyPIN.
  • Selesai.

Itulah tips hemat listrik agar tagihan PLN tidak membengkak serta cara membayarnya. Mudah bukan? Tidak hanya membayar tagihan listrik PLN saja, SimobiPlus juga bisa digunakan untuk membayar tagihan internet, air, dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya ada di www.banksinarmas.com