Melacak Masa Ovulasi Anda

Melacak Masa Ovulasi Anda

Melacak Masa Ovulasi Anda. Ovulasi adalah ketika telur yang matang dilepaskan dari ovarium dan dibuahi dalam tuba fallopi. Untuk melacak ovulasi Anda, Anda perlu menghitung panjang siklus menstruasi rata-rata Anda. Hari pertama dari siklus menstruasi Anda adalah hari pertama haid Anda, dan hari terakhir siklus Anda adalah hari sebelum periode berikutnya dimulai. Sekitar dua minggu sebelum periode yang diharapkan berikutnya, ovulasi terjadi.

Selama Masa Ovulasi itu, peluang Anda untuk hamil meningkat terus hingga dua hari sebelumnya, termasuk hari ovulasi. Anda sebenarnya yang paling subur dalam tiga hari menjelang ovulasi, termasuk hari ovulasi. Di akhir jendela, kemungkinan hamil menurun dan 12 hingga 24 jam setelah ovulasi, Anda tidak lagi bisa hamil selama siklus itu. Tetapi jika Anda tidak yakin kapan masa subur Anda dimulai dan berakhir, atau ketika Anda berovulasi, disarankan untuk melakukan hubungan seks setiap dua atau tiga hari untuk membantu mengoptimalkan peluang Anda untuk hamil.

Hasil gambar untuk masa ovulasi femometerApa Saja Tanda-Tanda Masa Ovulasi?

Tanda-Tanda Ovulasi

Siklus perempuan tidak semuanya sama dan dalam banyak kasus dapat menjadi tidak teratur. Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda sedang berovulasi, dan pada hari apa, adalah mencatat tanda-tanda kesuburan selama siklus Anda. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengetahui kapan Anda berovulasi.
Perubahan pada Lendir Anda

Salah satu tanda terbaik yang menunjukkan bahwa ovulasi sedang terjadi adalah jika ada perubahan pada lendir vagina Anda. Jika Anda melihat lendir vagina Anda bening, licin, dan memiliki tekstur putih telur , itu pertanda Anda sedang berovulasi.

Suhu Tubuh Basal (BBT)

Melacak BBT Anda dapat membantu Anda mengetahui pola Masa Ovulasi Anda. Anda dapat merekam BBT Anda dengan memperoleh termometer khusus dan menggunakannya setiap hari sebelum bangun dari tempat tidur untuk pengukuran yang akurat. Dengan menuliskan suhu Anda, Anda dapat melihat kapan ovulasi Anda terjadi akibat kenaikan suhu.

BBT Anda meningkat sekitar setengah derajat Celcius setelah ovulasi terjadi. Meskipun ini mungkin tidak membantu Anda mengidentifikasi jendela subur yang tepat, ini dapat membantu memandu Anda dan mencari tahu pola ovulasi Anda untuk bulan depan.

Perangkat Prediksi Ovulasi

Untuk memastikan Anda mengalami Masa Ovulasi, Anda dapat menggunakan alat prediksi ovulasi. Anda dapat mulai menguji kit Anda beberapa hari sebelum hari ovulasi. Anda dapat mengetahuinya dengan mengurangi 17 hari dari panjang siklus rata-rata dan mulai menguji dari hari itu. Jika alat prediksi ovulasi Anda memberikan hasil positif, itu berarti Anda akan mengalami ovulasi dalam 24 hingga 36 jam ke depan.