Sekilas Info Tentang Teknologi Terkini Virtual Reality (VR)

teknologi

Teknologi Terkini Ada dua teknologi yang digadang-gadang akan sangat popular di masa mendatang, yaitu teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality(AR). Virtual Reality dikenal sebagai sebuah teknologi yang diciptakan untuk membuat kita dapat berinteraksi dengan objek imajinasi dengan hanya menggunakan komputer yang membawa kita ke dalam suasana 3 Dimensi yang seolah nyata. Kelebihannya, teknologi ini menawarkan sebuah pengalaman yang lebih dari sekedar kacamata 3 Dimensi biasa.

Karena, teknologi ini memungkinkan penggunanya merasa seperti berada di dunia nyata padahal penggunanya sedang berada di dunia maya. Perangkat yang digunakan untuk mendukung teknologi VR ini berupa helm, headset, walker, dan sarung tangan (glove) yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Yaitu:

    • Helm: untuk membuat tampilan gambar yang dilihat penggunanya tampak lebih realistis dan dekat.
    • Headset: untuk memberikan efek suara yang jernih dan jelas.
  • Walker dan sarung tangan: berfungsi untuk menangkap gerakan kaki dan tangan, serta memberikan sensasi nyata pada tangan dan kaki saat berada di lingkungan yang diciptakan oleh dunia virtual reality tersebut.

Teknologi terkini virtual reality ini dapat digunakan oleh arsitek, pekerja medis, peramu obat, dan bahkan para gamer yang menyukai sensasi bermain game yang ‘nyata’. Bahkan, saat ini telah banyak game yang dibuat dengan didukung teknologi virtual reality ini. Sedangkan, teknologi Augmented Reality(AR) atau disebut juga dengan teknologi realitas tambahan merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya 2 Dimensi atau 3 Dimensi masuk dalam sebuah lingkungan nyata dan diproyeksikan dalam wakyu yang nyata.

Bedanya dengan teknologi VR yang bekerja dengan memutuskan kontak dunia nyata dan menciptakan dunia baru secara virtual, teknologi AR ini menambahkan atau melengkapi kenyataan dengan konten virtual. Untuk bisa menikati teknologi AR biasanya tidak membutuhkan perangkat tambahan lain, hanya menggunakan kamera smartphone yang diintegrasi dengan teknologi sensor Gyroscope dan Magnetic saja. Contohnya ada dalam permainan Pokemon GO.

Kedua teknologi terkini ini sebenarya telah ada sejak beberapa tahun terakhir, namun hingga saat ini masih dalam proses pengembangan dan perbaikan. Penggunaan kedua teknologi ini bisa diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan yang mana nantinya dapat difungsikan dengan tak hanya sebagai alat untuk hiburan saja, melainkan juga sebagai alat untuk kesehatan dan lain sebagainya. Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai teknologi terkini Virtual Reality (VR) Dan Augmented Reality(AR).