Mengenal Bioteknologi Dalam Kehidupan Manusia

Salah satu bentuk teknologi yang sebenarnya sudah dari dulu kita terbiasa menggunakannya adalah bioteknologi. Pengertian dari bioteknologi adalah, bahwa bioteknologi berasal dari kata bio dan teknologi. Secara bebas, bioteknologi bisa diartikan sebagai pemanfaatan organisme hidup untuk menghasilkan barang dan jasa yang bisa memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Seperti telah disebutkan di awal, bahwa jenis teknologi ini telah dikerjakan manusia sejak ratusan tahun yang lalu, karena manusia telah bertahun-tahun lamanya  menggunakan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur  ragi untuk membuat makanan bermanfaat seperti tempe, roti, anggur, keju, dan yoghurt.

Di bidang pertanian kita juga sudah menggunakan mikroorganime sejak abad ke-19 untuk mengendalikan hama serangga dan menambah kesuburan tanah. Mikroorganisme juga sudah digunakan secara luas didalam mengolah limbah industri dalam dasawarsa ini. Dalam bidang kesehatan dan kedokteran, manusia telah dapat memproduksi vaksin tertentu dengan bantuan virus.

Selain berarti sebagai pemanfaatan organisme hidup, bioteknologi memiliki pengertian sebagai perekayasaan proses biologi dari suatu agen biologi untuk menghasilkan produk dan jasa yang bermanfaat bagi manusia. Berdasarkan pengertian ini, bioteknologi telah mampu memanipulasi,  mengubah, dan/atau menambahkan sifat tertentu pada suatu organisme.

Sehingga ada dua definisi tentang bioteknologi, namun terlepas dari itu semua yang pasti bahwa bioteknologi sangat memberikan kontribusi nyata dan positif terhadap kehidupan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal yang cukup menarik dari bioteknologi ini adalah bahwa ketika kita menjalankannya tidak memerlukan cukup banyak waktu, tenaga serta biaya.

Kita bisa menjalankan sebuah kegiatan produksi yang sederhana namun akan memberikan hasil yang cukup banyak dan mampu menjadi andalan ketika seseorang ingin memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh penggunaan bioteknologi yang sederhana misalnya dalam pembuatan makanan seperti tempe, oncom, kecap dan tape.

Proses produksi makanan – makanan tersebut sangat sederhana dan tidak memerlukan biaya yang sangat besar, namun sesuatu yang dihasilkan dari kegiatan tersebut bisa memenuhi kebutuhan hidup masyarakat hingga bertahun – tahun lamanya.  Demikian sekilas penjelasan sederhana tentang pengertian serta jenis kegiatan dengan menggunakan bioteknologi yang mampu memberikan manfaat bagi kehidupan manusia hingga saat ini. Manfaatkan teknologi ini semaksimal mungkin agar kebutuhan hidup kita bisa terpenuhi dengan baik.