Mengenal Ciri Ciri Buah Yuzu Citrus

Buah Yuzu merupakan sub kelas Rosidae dari genus citrus merupakan salah satu jenis tanaman jeruk dari Asia Timur turunan dari Jeruk Mandarin dan citrus ichangensis. Ciri ciri buah Yuzu citrus ini umumnya memiliki ukuran lebih kecil dengan kulit luar yang kasar serta warna kuning oranye seperti buah lemon.

Untuk ukurannya ada yang lebih besar dengan diameter 10 cm dan ada juka yang berkisar antara 5,5 cm hingga 7,5 cm. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dibandingkan dengan jeruk lemon, yaitu 3 kali lebih banyak sehingga rasa asamnya yang mendominasi jeruk Yuzu ini. 

ciri buah yuzu citrusTidak heran kalau jeruk ini sering dijadikan bahan minuman maupun bahan makanan serta kosmetik, dari kandungan vitamin C nya yang tinggi tersebut sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh, terutama sebagai anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas, menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Jika dikonsumsi secara langsung rasa asamnya sangat terasa, sehingga jeruk ini sering dijadikan untuk penambah cita rasa pada masakan atau pada minuman. Yuzu diperkenalkan ke negara Jepang dan Korea pada zaman Dinasi Tang sehingga produksinya yang cukup berkembang pesat di negara Cina, Jepang dan Korea.

Tanaman ini juga sangat tahan terhadap cuaca dingin yaitu pada cuaca -50 C, namun jika dibandingkan dengan tanaman jeruk lainnya tidak akan tumbuh dan berkembang pada suhu cuaca tersebut. Untuk di Indonesia, mungkin jeruk ini akan sulit untuk ditemukan karena belum begitu familiar. 

Dan jika Anda ingin merasakan kesegaran serta manfaat dari buah Yuzu adalah harus memesannya secara langsung dari negara tersebut, tapi tidak menutup kemungkinan jika di Indonesia juga pasti ada dan Anda harus berusaha untuk mencari informasi keberadaan jeruk Yuzu tersebut di Indonesia.

Itulah beberapa ciri ciri buah Yuzu citrus yang bisa Anda kenali, memang tidak jauh berbeda dengan jeruk lemon ataupun jeruk mandarin karena memang Yuzu adalah keturunannya. Penasaran dengan rasanya yang menyegarkan? Anda bisa mencarinya secara online atau melalui teman Anda yang tahu akan jeruk ini.