Bisnis Lele Cocok Untuk Bisnis Peternakan Para PemulaSebagai negara agraris, banyak daerah di Indonesia yangsangat cocok untuk budi daya ikan tawar. Salah satu ikan tawar yang mudah dibudidayakan adalah lele. Lele merupakan jenis ikan pemakan segala yang memiliki daya tahan tubuh lebih kuat. Mau kondisi air seperti apapun, lele masih bisa hidup.

Begitupun karena lele merupakan jenis ikan pemakan segala, memilih pakan ikan untuk lele tergolong mudah. Missal saja ada bekas nasi, bekas sayuran yang sudah layu, bahkan bangkai unggas sekalipun. Selain itupun lahan untuk membududayakan lele tidak butuh lahan yang luas.

Dengan ukuran satu meter persegi kolam pun, dapat dibudidayakan lele sebanyak dua ratus ekor. Oleh karena itu jika ingin mencoba bisnis di bidang perikanan, awalilah dengan bisnis lele yang lebih mudah pengurusannya dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

Kehadiran bisnis kuliner di bidang perikanan yang lebih inovatif dengan kemasan menarik, cukup berpengaruh signifikan terhadap permintaan lele ini. Dengan demikian, bisnis lele semakin berpeluang untuk mendapatkan untung besar. Dulu, ukuran lele yang mudah dijual adalah ukuran lele yang belum begitu besar.

Lele ukuran sedang ini dijual untuk kebutuhan para pedagang pecel lele. Lain dulu lain sekarang. Sekarang, lele berukuran besar pun masih laku dijual dan punya pasar tersendiri yaitu untuk kebutuhan produksi abon lele yang sudah banyak diminati pasar.

Dengan terbukanya pasar lele yang begitu besar dan pengurusan lele yang tidak begitu sulit, cobalah bisnis lele untuk para pemula yang ingin menekuni bisnis di bidang peternakan ini. Belajarlah secara langsung darin seorang peternak lele yang sudah menikmati keberhasilannya berkali-kali.

Pelajari semua resiko yang mungkin timbul dan dalami juga solusi untuk permasalahan tersebut. Supaya lebih kaya pengetahuan seputar lele dan teknologi lainnya yang mendukung budi daya lele, bekerja sama lah dengan dinas pertanian atau dinas perikanan setempat.

Biasanya dinas tersebut mempunyai bibit unggul yang cocok untuk dibudidayakan pada daerah masing-masing. Selain itupun, biasanya dinas perikanan akan memberikan informasi mengenai pasar yang menerima lele yang telah kita budidayakan nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here