Tips Jaga Kesehatan Anak Usia 1 – 2 Tahun

Anak usia 1 – 2 tahun merupakan masa dimana anak sedang berada pada fase paling aktif-aktifnya. Biasanya pada usia ini anak mulai bereksplorasi, mulai aktif bergerak merangkak ke sana, ke mari, bermain, dan bisanya juga sering memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Nah geraknya yang aktif dan rasa ingin taunya, tentu juga beresiko bagi kesehatan tubuh si kecil.

Pasalnya ketika ia memasukkan berbagai hal ke dalam mulutnya, bukan tidak mungkin kuman dan bakteri jahat masuk ke dalam mulutnya. Untuk itu, pastikan pada usia ini bunda dapat menjaga kesehatan anak dengan baik. Nah pada usia 1 – 2 tahun ini, anak mulai berkembang dengan cepat. Untuk itu, perlu Anda memberikan berbagai dukungan agar perkembangan anak pada usia ini dapat maksimal.

Kesehatan Anak
Kesehatan Anak

Untuk Ayah dan Bunda, pastikan Anda memperhatikan beberapa tips berikut untuk menjaga kesehatan Anak Anda.

1. Jaga makanan untuk anak

Pada usia 1 – 2 tahun anak akan memiliki rasa penasaran dengan berbagai benda yang ada di sekitarnya, termasuk dalam hal makanan. Nah, pada usia ini biasanya si Bunda juga ikut penasaran dan ingin memberikan berbagai makanan bagi anak, namun sebaiknya Bunda harus lebih berhati-hati. Pasalnya tidak semua makanan aman untuk dikonsumsi pada usia segini. Ada beberapa jenis makanan yang seharusnya Bunda hindarkan dari si kecil, salah satunya adalah jenis makanan yang dapat membuat tersedak.

Seperti beberapa jenis makanan kecil yang keras seperti popcorn, kacang, permen, atau lainnya yang menimbulkan resiko tersedak. Dalam hal ini Bunda dapat memberikan buah dan sayuran yang dipotong kecil-kecil kepada anak. Dalam hal ini, pastikan ukuran dan tingkat kelembutan makanan sangat diperhatikan. Pastikan juga menghindarkan beberapa jenis makanan seperti permen karet, marshmallow atau permen karet yang dapat berpotensi tersangkut di tenggorokan.

2. Imunisasi

Nah salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah imunisasi. Imunisasi sangat penting untuk menjaga kesehatan si kecil. Pemerintah sudah memprogramkan imunisasi untuk anak-anak usia tertentu. Nah untuk anak usia 12 – 18 bulan, pasalnya Ikatan Dokter Anak Indonesia sudah merekomendasikan imunisasi DPT ulangan, imunisasi polio, MR, campak, influenza, hepatitis A, PCV, varisela. Untuk itu jangan lupa imunisasi rutin bagi si kecil.

3. Perhatikan waktu istirahat si kecil

Istirahat atau tidur merupakan hal paling penting bagi anak. Apalagi usia 1 – 2 tahun adalah masa dimana anak paling aktif-aktifnya. Untuk itu pastikan Anda membantu menjaga pola tidur anak. Dengan tidur yang cukup, tentunya dapat menangkal berbagai penyakit bagi buah hati. Iya tidur yang cukup juga dapat membantu menumbuh  kembangkan si kecil, serta membantu menumbuhkan daya pikir dan daya ingat yang lebih baik.

Berapakah waktu yang dibutuhkan untuk tidur bagi anak usia 1-2 tahun? Nah perlu diketahui bahwa untuk anak 1-3 tahun cenderung membutuhkan waktu untuk tidur setidaknya sebanyak 11 – 14 jam per hari. Untuk itu pastikan anak tidur siang dan malam jangan sampai larut.

Nah itu dia beberapa tips dalam menjaga kesehatan anak. Untuk ibu, pastikan hal-hal tersebut harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya memang anak pada usia 1 – 2 tahun dapat bergerak sangat aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Untuk itu, pastikan Anda memberikan berbagai perhatian yang terbaik bagi si kecil. Oke deh, demikian dulu tips kita kali ini, semoga bermanfaat.