Terdapat Beberapa Orientasi Bisnis Dalam Islam Yang Penting

Terdapat Beberapa Orientasi Bisnis

Islam memang telah mengatur berbagai urusan dalam kehiduapn, termasuk dalam berbisnis. Terdapat banyak hal yang harus kita ketahui, supaya bisnis yang dapat berjalan dengan maksimal dan mampu memberikan penghasilan yang lumayan besar. Selain dari itu, Islam sangat menekankan pada kehalalan, baik kehalalan barang yang diperjual belikan, maupun cara memperoleh barang tersebut.

Dan pastinya proses transaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli, sesuai dengan syariah. Sehingga kedua belah pihak mendapatkan kebaikan dari kegiatan transaksi yang telah dilakukan. Perlu anda ingat, bahwasannya dalam Islam pula, berbisnis memiliki tujuan untuk mencapai empat hal yang utama (Yusanto dan Karebet, 2002: 18). Apa saja 4 hal yang utama tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

  • Yang pertama terdapat target hasil, yang terdiri dari profit materi dan benefit nonmateri. Bagi para pebisnis, perlu diketahui bahwasannya ketika anda menjalankan bisnis, tujuan dari berbisnis tersebut bukan hanya untuk memperoleh keuntungan saja. Namun usahakan pula untuk memberikan manfaat atau keuntungan dalam bentuk bukan materi bagi pihak lain, baik itu lingkungan, organisasi, perusahaan dan lainnya. Sehingga kegiatan ini dapat meningkatkan ikatan persaudaraan serta kepedulian social. Keuntungan yang diberikan kepada pihak lain dapat berupa bantuan menyediakan lapangan pekerjaan, bantuan social seperti sedeqah, memberikan pelatian mengenai ketenagakerjaan dan lainnya.
  • Ketika hal pertama telah berhasil dilakukan. Selanjutnya ialah menjaga dan melakukan berbagai upaya yang dapat meningkatkan pertumbuhan berbisnis. Karena semakin lama, akan semakin banyak dan semakit berat persaingan antara pebisnis satu dengan yang lainnya. Yang pasti, usahakan untuk bersaing secara sehat dan tetap memperhatikan kaidah Islam.
  • Untuk menjaga kestabilan usaha anda, maka perlu dijaga keberlangsungannya. Terutama ketika anda telah mencapai target yang diharapkan. Sehingga perusahaan anda dapat berdiri dan dikenal dalam kurun waktu yang cukup lama.
  • Dan terakhir yang menjadi tujuan utama dalam berbisnis ialah mencari keberkahan. Sehingga segalanya membawa kebaikan dalam hidup anda.